Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
YA SEPERTI INILAH SAYA.... :)

Pengujian Tracerouter (tracert)

Untuk tugas kali ini, saya akan mencoba melakukan tracerouter pada windows. Sebelum kita melakukan percobaan, kita harus mengetahui apa itu Traceroute. Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.

Kali ini saya akan mencoba melakukan tracert ke www.tulangbelulang.wordpress.com dengan menggunakan modem smart CE 682UI. Untuk dapat melakukan tracert pertama yang kita lakukan adalah membuka CMD lalu ketikan tracertnamadomain, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini  :


Ketika traceroute dijalankan, ia mengembalikan daftar hop jaringan dan menampilkan nama host dan alamat IP dari setiap koneksi. Hal tersebut meliputi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk setiap koneksi terjadi (biasanya dalam milidetik). Ini menunjukkan jika ada keterlambatan dalam membangun koneksi. Karena itu, jika koneksi jaringan lambat atau tidak responsif, traceroute sering dapat menjelaskan mengapa masalah itu ada dan juga menunjukkan lokasi dari masalah.
Kemudian untuk mengetahui route yang kita lewatkan, buka http://whatismyipaddress.com/, masukan ip address yang di tuju. Nanti akan terlihat detail tentang IP address tersebut. Untuk urutan 1 sampai 3 (10.17.94.25 dan 10.17.97.42) merupkan private IP address.
Untuk urutan 4 dan 5 dengan IP address 202.70.48.49 merupakan hostname untuk wirelessnet.



urutan 7 :



urutan 8 sampai 9 :




urutan 10 :



urutan 11 sampai 15 :



urutan 19  merupakan hostname dari www.tulangbelulang.wordpress.com:



Pengujian tracert selesai.














Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar